Jerawat dan Kehamilan

Apakah Jerawat itu? Jerawat bisa didefinisikan sebagai suatu kondisi umum pada kulit yang timbul karena perpaduan minyak berlebih, kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dalam perpaduan ini dan berkembang biak. Jika tetap dibiarkan, pori-pori yang tersumbat akan membengkak dan mengeluarkan nanah.

Jerawat terbagi menjadi menjadi empat tingkatan yaitu ringan, sedang, agak berat dan berat. Tingkatan tersebut ditentukan berdasarkan jumlah jerawat yang ada pada wajah, dada dan punggung, serta ukuran besar kecil jerawat atau kondisi peradangan jerawat.

Bermacam-macam keluhan terjadi sejak awal kehamilan, salah satunya adalah jerawat. Mau menggunakan obat, tapi takut tidak aman untuk kehamilan. Cek dulu obat yang aman dan tidak aman untuk jerawat berikut.

Perubahan kulit selama hamil, merupakan hal yang sangat wajar, terutama jika muncul jerawat di wajah Anda. Untuk mengatasi keluhan ini, coba perhatikan dengan cermat obat-obat jerawat Anda, sebelum menggunakannya

Obat aman:

  • Benzol peroksida dan asam salisilat, karena bekerja ‘membuang’ sel-sel kulit mati yang menutupi pori-pori kulit. Mintalah resep dua senyawa ‘aman’ ini pada dokter Anda.
  • Lotion sulfur, untuk mengurangi bakteri penyebab infeksi kulit.
  • Sabun, tisu basah, dan pembersih medicated yang khusus untuk kulit sensitif.

Obat tidak aman:

Isotretinoin, klindamisin, eritromisin, dan tetrasiklin di dalam obat jerawat, karena dapat mengganggu proses pembentukan organ tubuh janin.

Terapi alternatif:

  • Rawat dan jaga kebersihan kulit secara teratur
  • Lakukan sauna pada wajah untuk membuka pori-pori yang tersumbat
  • Oleskan lotion kalamin pada jerawat Anda.

Jangan sekali-kali Anda gunakan resep obat jerawat atau sisa obat jerawat Anda ketika belum hamil. Sebab, tubuh Anda saat hamil berbeda dengan sebelum hamil.

Sumber :

www.benih.net

www.ayahbunda.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: